disaat sendiri

Sunday 23 November 2014

mengenal alat musik drum

ALAT MUSIK DRUM


D
rum merupakan salah satu alat musik yang cukup penting dalam sebuah musik. Drum sangat berpengaruh dalam aliran musik suatu band sekelas Avengged Sevenfold,dan band-band terkenal lainnya. Seperti asiknya mendengar serunya hentakan drum pada musik reagee,dangdut,rock, dan lainnya yang dapat membawa suasana hati. Banyak orang yang sangat hobby memeinkan drum ,bahkan bias dibilang jago dalam memeainkannya.,namun ternyata tidak semua orang memahami bagian-bagian dari drum itu sendiri. Sama halnya seperti dalam olahraga, pandai bermain namun tidak paham terhadap aturan-aturannya.
  Drum merupakan alat yang secara fisik mempunyai bagian-bagian yang terpisah,tapi merupakan satu kesatuan drum atau yang sering disebut dengan drumset,Oleh karena itu sebelum kita belajar cera memainkan drum(bagi pemula),ada baiknya untuk mengatahui bagian-bagian dari drum tersebut.
 Secara umum,drum terdiri atas beberapa bagian yaitu:
  1. Cymbal (ride)
Cymbal terdiri atas tiga jenis yaitu:
  1.  
    • Ride cymbal
Bentuknya besar digunakan untuk pengganti atau variasi setelah hi-hat.
  1.  
    • Flash cymbal
Bentuknya kecil untuk memukul pukulan cress.
  1.  
    • Cimbal cina
Bentuknya besar bagian pinggirnya menonjol.
  1. hi-hat
bagian drum yang terdidri dari dua buah piringan seperti cymbal yang saling berhadapan. Bunyi hi-hat diperoleh dari tumbukan cymbal dengan cara menginjak pedal hi-hat pada bagian bawah.
  1. tom-tom
berbentuk seperti gendang dan terdiri dari beberapa ukuran yaitu 6-12 inchi ,biasanya yang kecil di sebut small tom-tom dan yng besar disebut large tom-tom atau floor tom.
  1. Snare drum
Bagian utama dari drum dan paling dekat dengan pemain,ukurannya 13-14 inchi. Bagian bawahnya terdapat kawat spiral (snar wire).
  1. bass drum
seperti tom-tom tetapi ukurannya jauh lebih besar dan memiliki nada yang paling rendah. Dibunyikan dengan menginjak pedal bass drum.
  1. stick
alat pukul drum yang terbuat dari kayu.

Sumber:http://ictarsip.sitekno.com/article/63934/mengenal--alat-musik-drum.html

No comments: