disaat sendiri

Sunday 30 November 2014

Musisi Luar Negeri Yang Berdarah Indonesia

Banyaknya musisi-musisi mancanegara yang konser di tanah air ataupun musisi yang punya musikalitas yang tinggi, membuat kita semakin tergila-gila kepadanya dan ingin menonton konser mereka. Namun, pernahkah kamu sadar bahwa diantara pesohor musik itu diantaranya ada yang berdarah Indonesia dan bahkan dari mereka ada yang lahir di negara kita ini. Masing-masing dari mereka memiliki keterkaitan dengan Indonesia, walau beberapa di antaranya memang bukanlah selebriti yang mengawali karirnya di sini.Namun memiliki darah asal asli Indonesia. Mau tau siapa aja musisi internasional yang berdarah Indonesia, mari kita lihat :
1. Daniel Sahuleka
Penyanyi ini lahir pada tanggal 6 Desember 1950 dari seorang ayah keturunan Ambon, Simon Pieter Sahuleka yang lahir di Semarang, dan seorang ibu keturunan sunda, Joassi Charlotte Wilhelmientje Mohanab yang lahir di Pontianak. Ia dibawa hijrah ke Belanda saat usianya 10 bulan. Beberapa karyanya yang terkenal adalah You Make My World so Colourful tahun 1981 dari albumnya tahun 1977 yang berjudul Daniel Sahuleka dan Don’t Sleep Away the Night tahun 1980. Sahuleka telah menerima banyak penghargaan prestisius antara lain di Indonesia, Los Angeles dan Eropa. Hingga kini, Sahuleka telah memiliki lebih dari 14 album dan lebih dari 24 single sejak tahun 1976.
2. The Blue Diamonds
Raul de Wolff dan Riem de Wolff adalah dua bersaudara keturunan Belanda - Indonesia. Mereka adalah duo Belanda pada tahun 1960-an, terkenal karena berhasil menjual berjuta-juta single mereka, “Ramona”. Mereka lahir di Jakarta, dan hijrah ke Belanda pada tahun 1949. Dari sinilah awal terbentuknya Blue Diamonds. Mereka mendapat julukan 'Dutch Everly Brothers' yang memang kerap mengcover lagu band tersebut.
3. Jamie Aditya
Jamie Aditya lahir di Canberra pada 22 April 1978 dari pasangan Stuart Graham dan Ati Ashyawati. Ibunya adalah putri dari Acdiat K. Mihardja, seorang penulis dan sastrawan terkenal asal Jawa Barat. Di masa kejayaan MTV di tahun 1990an, ia terpilih menjadi  VJ MTV Indonesia dan VJ MTV Asia berpasangan dengan Sarah Sechan. Di tahun 2012, akhirnya Jamie merilis album solo yang sempat tertunda lama. Album yang berjudul LMNOP (Love Me Now Or Perish) ini berisi 9 lagu yang bertemakan soul dan funk.
4. The Tielman Brothers
The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil go international pada era 50-an, The Tielman Brothers menjadi salah satu perintis rock and roll di Belanda. Lima bersaudara ini adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang, dan Flora Lorine Hess asal Semarang. Musik rock and roll yang mereka bawakan, disebut Indorock oleh orang-orang di Belanda. Musik The Tielman Brothers adalah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan berakar dari keroncong.
Sumber: http://www.djarumcoklat.com/article/musisi-luar-negeri-yang-berdarah-indonesia

No comments: