disaat sendiri

Saturday 29 November 2014

Drummer Lebih dari Sekedar Pemain Bola

Drummer Lebih dari Sekedar Pemain Bola

image

Drummer (more than Football Players)

Bagaimana bisa pemain drum disamakan bahkan memiliki stamina melebihi pemain sepakbola professional? Memang secara visual tidak bisa bahkan tidak ada hubungan antara pemain bola dengan pemain meskipun sama-sama professional. Namun jika kita berbicara mengenai stamina individu-individu itu tentu dapat kita bayangkan betapa hebatnya dua individu yang melakukan pekerjaan berbeda namun membutuhkan stamina yang sama luar biasanya.
Seorang drummer veteran yang bernama Clem Burk bahkan telah membuktikan bahwa dalam 90 menit bermain drum , denyut jantungnya berkisar antara 140 hingga 150 beat per menit sampai pada puncaknya naik mencapai 190 beat per menit, ini adalah sebuah level yang sebanding untuk atlet olahraga professional seperti sepakbola misalnya. Hal ini bukan sekedar perkiraan belaka karena telah dilakukan penelitian pada Clem Burk oleh Dr. Marcus Smith, dari Chichester University dengan menghubungkan sebuah peralatan pada Clem Burk yang mampu mengukur detak jantung dan penyerapan oksigen. Dr. Smith menambahkan jika pemain drum tampil dalam konser maka dia akan membakar kalori hingga 400 sampai 600 kalori per jam, wouw benar-benar olahraga yang menyenangkan bukan...? "Jelas penelitian ini dapat memberikan bukti bahwa seornag drummer professional memang dan harus memiliki tingkat kebugaran yang luar biasa", demikian Dr. Smith menuturkan hasil penelitiannya.
Jika kalori yang terbakar sampai pada jumlah yang tinggi, tentu di balik penelitian ini ada hasil yang bagus yang dapat diimplementasikan dalam program mengatasi masalah kegemukan pada anak dan ini masih dikembangkan dalam proyek Dr. Marcus Smith. Serangkaian penelitian ini dapat ditarik beberapa kesimpulan, pertama: bermain drum dapat menjadi alternative menurunkan berat badan bagi orang yang tidak sempat atau tidak bisa melakukan olahraga. Kedua: level kebugaran dan stamina seorang drummer akan menjadi sangat bagus dan biasanya menjadi orang yang enerjik. Yang ketiga tentunya kesehatan itu sendiri yang secara tidak kita sadari telah menghampiri kita.
Mudah-mudahan kita masih serta selalu tambah semangat setiap harinya dalam berlatih hingga suatu saat kita menjadi seorang drummer professional. Selain dapat mengiringi setiap lagu dengan beat-beat yang indah juga ada efek kesehatan yang akan menghampiri tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Sumber publikasi: http://news.bbc.co.uk/

No comments: